Konsesi ATB Berakhir, BP Batam Lanjutkan Pengelolaan Air Bersih di Batam

Gedung ATB Batam
Gedung ATB Batam, Sukajadi, Batam Center. (Google/Doc.Ist)

Terkini.id, Batam – Pasca berakhirnya perjanjian Konsesi Pengelolaan Air Bersih antara Badan Pengusahaan (BP) Batam dengan PT Adhya Tirta Batam (ATB) yang telah dimulai sejak tahun 1995. Kepala BP Batam, HM Rudi, mengatakan, pihaknya akan mewujudkan rencana pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum di Batam dengan pelaksanaan secara profesional, seksama, cepat, akurat dan akuntabel.

Walikota Batam HM Rudi menyatakan BP Batam siap memulai proses Ambil Alih Operasional ATB terhitung mulai bulan Agustus 2020, dalam acara konferensi pers beberapa waktu lalu di halaman gedung BP Batam. (Doc.Ist)

Perjanjian tersebut harus berakhir pada tanggal 14 November 2020. Rudi menjelaskan, kedua belah pihak juga telah melakukan pertemuan dan pembahasan yang intensif, bahkan sepakat untuk berkerja dan membentuk tim, guna menjaga kuantitas dan kualitas pelayanan air minum di Batam.

Tim ini bertugas dalam beberapa bidang, antara lain; Operasional, Produksi, Distribusi, Manajemen Pelanggan, Sumber Daya Manusia dan Legal, Keuangan dan Akunting, serta Billing dan IT.

Berikut tahapan akhir konsesi kerjasama antara BP Batam dengan PT ATB :
a. Bulan April 2020, tahap Konsolidasi.
b. 15 Mei 2020, mulai memasuki dalam Operasional SPAM dan data-data karyawan yang ada, serta Tahap Pendataan Aset
c. Juni 2020, tahap transfer data pelanggan.
d. Agustus 2020, tahap perekrutan karyawan (karyawan PT ATB diprioritaskan untuk melamar ke BP Batam, dan proses seleksi juga dilaksanakan di bulan Agustus 2020).
e. September 2020, Sosialisasi ke Pelanggan.
f. Oktober 2020, Tahap Peralihan Status Aset dengan Pencatatan Aset SPAM sebagai BMN.
g. 14 November 2020, Tahap Pengakhiran Konsesi, Serah Terima Sistem Pengelolaan Air Minum dari PT ATB ke BP Batam.

Salah satu Dam Air bersih yang dikelola oleh PT ATB Batam. (Doc.Ist)

Dalam rangka menjamin kualitas yang tinggi dalam pelayanan ke depan, BP Batam telah melakukan persiapan pengoperasian SPAM Batam yang melibatkan beberapa tenaga profesional yang memiliki kapasitas dan kemampuan ataupun kualifikasi keahlian, serta pengalaman manajerial dalam pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum.

Baca juga:

Kebijakan tersebut diambil atas dasar menempatkan kepentingan masyarakat Batam sebagai prioritas mendapatkan Air Minum yang bersih dan layak pakai sesuai dengan kebutuhan mereka sehari-hari.

Komentar

Direkomendasikan

Berita Lainnya

PSBB Di Batalkan, Pemkot Batam akan Memberlakukan Karantina per Kecamatan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar