PSBB Di Batalkan, Pemkot Batam akan Memberlakukan Karantina per Kecamatan

Ilustrasi Lockdown
Foto Ilustrasi Lockdown (images Google).

Terkini.id, Batam – Penanganan pandemi Covid-19 di Batam harus terintegrasi. Untuk itu, diperlukan kerja cerdas dan effective leadership, sehingga gerakannya bisa terstruktur, sistematis dan masif.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang awal rencana akan digalakkan batal diberlakukan dan sebagai gantinya dalam waktu dekat Pemkot Batam berencana akan melakukan karantina wilayah per kecamatan.

Foto Ilustrasi Himabuan Mengenai Covid-19 Wako dan Wawako Batam. (Doc. KataBatam/Media Center Pemkot Batam).

Hal itu dikarenakan kebijakan tersebut belum bisa diterapkan di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Kebijakan tersebut nantinya akan menelan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, akan banyak aturan yang dijalankan jika PSBB jadi diterapkan di Batam.

Seperti contoh antara lain; menambah beban faktor biaya, tentunya Pemkot Batam harus menyediakan seluruh kebutuhan masyarakatnya selama PSBB berlangsung. Terutama untuk membantu warga selama masa karantina.

Untuk mensukseskan rencana karantina wilayah per kecamatan ini, Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam yang juga Wali Kota Batam HM Rudi, akan menugaskan pejabat setingkat Kepala Dinas menjadi koordinator penanganan Covid-19 di masing-masing kecamatan.

Walikota Batam HM Rudi dan beberapa jajaran bersama awak media di Batam saat Konferensi pers beberapa waktu lalu di halaman kantor Walikota Batam. (DOC.Ist)

“Nanti dibagi saja kepala OPD ini untuk menjadi koordinator di kecamatan,” ujarnya dalam rapat OPD di Dataran Engku Putri, Rabu, 29 April 2020 yang lalu.

Menurutnya, ada lima kecamatan yang menjadi prioritas pengawasan, yaitu Batam Kota, Batuaji, Sagulung, Sekupang, dan Bengkong.

Kelima kecamatan ini akan mendapat perhatian khusus dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19.

Antara lain dengan memperketat pengawasan penerapan social dan physical distancing di tengah masyarakat.

Serta mengawasi kepatuhan warga dalam penggunaan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Mengedukasi dan sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat dengan rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, menjaga imunitas tubuh dengan olahraga ringan dan pola makan sehat juga harus terus digalakkan.

Foto Ilustrasi Himbauan Call Center Mengenai Covid-19 Pemkot Batam. (Doc. KataBatam/Media Center Pemkot Batam).

HM Rudi juga meminta jajarannya untuk berperan lebih aktif melakukan langkah preventif menyikapi pandemi Covid-19 di Kota Batam.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Konsesi ATB Berakhir, BP Batam Lanjutkan Pengelolaan Air Bersih di Batam

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar