BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di Wilayah Perairan Batam

BMKG Waspadai Cuaca Ekstrem di Wilayah Batam dan Kepri.
BMKG Waspadai Cuaca Ekstrem di Wilayah Batam dan Kepri.

Terkini.id, Batam – Pernyataan peringatan terhadap potensi air pasang dengan tinggi maksimum mencapai tiga meter diprakirakan terjadi di pesisir Batam hingga Sabtu, 2 januari 2021 siang, disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam sebagai peringatan bagi warga Kota Batam.

“Berpotensi terjadi pasang tinggi maksimum di wilayah pesisir Batam,” kata Forecasater BMKG Hang Nadim, Fauzan Lathif seperti dilansir Antara di Batam, Jumat, 1 januari 2021.

BMKG perkirakan ombak pasang diperairan Batam dan Kepri mencapai 3 Meter

Ia mengatakan pada Sabtu hingga pukul 01.00 WIB, ketinggian air pasang maksimum 2,6 meter. Kemudian pada hari yang sama hingga pukul 12.00 WIB ketinggian air bisa mencapai tiga meter.

“Pasang tinggi maksimum dapat lebih tinggi dari potensial tersebut, mengingat akumulasi curah hujan lebat yang terjadi sejak siang 1 Januari 2021,” kata dia.

Sementara itu, sekitar pukul 14.00 WIB terjadi kejadian sebanyak empat unit rumah warga Kelurahan Tanjunguma, Kota Batam, Kepulauan Riau rusak ditabrak tongkang yang hanyut dari pelabuhan sekitar.

“Iya benar, rumah rusak, satu rusak berat, tiga rusak ringan,” kata Lurah Tanjunguma Kecamatan Lubuk Baja, Syahril saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Kejadian tersebut dipicu hujan deras disertai angin kencang dan gelombang laut yang tinggi, membuat tongkang hanyut dan bergerak ke pemukiman warga yang memang berdiri di atas laut.

Lurah mengatakan saat ini, warga yang menjadi rumahnya rusak sudah dievakuasi ke tetangga di sekitarnya. (Antara/Suara.com)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Amsakar Meninjau Pelaksanaan Proses Belajar Tatap Muka di Kecamatan Belakang Padang

Batam Bersiap Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Kemenag Rayakan Hari Amal Bakti ke-75, Mengangkat Tema Indonesia Rukun

HMR Blusukan Pantau Banjir Batam

6 Pengkot/Pengda ESI se-Kepri Resmi Dilantik

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar