Launching Event MB2 Bike Festival Sukses Di Gelar! Adakan Race Dual Slalom Demi Ciptakan Bibit Atket Muda

Peresmian Launching Event MB2 Bike Festival
Peresmian Launching Event MB2 Bike Festival 2021 di hadiri oleh Kadisbudpar Kepri, Boeralimar, Ketua ISI Kepri Fadli, Perwakilan MB2 Lintang, Duta CHSE Kepri dan Faisal dari Black Hourse Production. (Dok. batam.terkini.id)

Batamsport.com – Kolaborasi Mall Botania 2 bersama Batam Gravity dan beberapa komunitas pesepeda di Batam resmi meluncurkan event MB 2 Bike Festival yang akan dilaksanakan pada 22 Maret – 28 Maret 2021 mendatang. Dimana Festival ini dilaksanakan demi mencari dan meciptakan bibit muda atlit bersepeda untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional.

Perwakilan Komunitas Batam Gravity, Djohan Effendi yang lebih kenal dengan sapaan Om Djo mengatakan bahwa MB2 Bike Festival dengan tajuk “MB2-L Slalom” merupakan ide awalnya adalah menciptakan balap sepeda ekstrim yang biasa digelar out door dibawa ke urban untuk menggaet kalangan penggemar sepeda perkotaan.

Press confrence Event MB2 Bike Festival oleh Ketua ISI Kepri Fadli didampingi Perwakilan Batam Gravity Djohan Effendy (Om Djo) dan Faisal dari Black Hourse Production. (Dok. Batam.Terkini.id)

Melalui prescon yang diadakan langsung pada hari Selasa, 9 februari 2021, ia mengatakan “Konsepnya untuk meningkatkan minat pesepeda bergendre ekstrim seperti downhill dengan trek yang sangat menantang ditengah Kota. Landasan berupa pavling block dengan pengaman khusus, akan dikemas dengan sporting event dengan konsep berbeda dari fun bike pada umumnya”.

Nantinya trek yang akan disediakan, kata Om Djo, juga terbilang sangat menantang. Untuk arena balap sepeda ini, pihak panitia sudah mempersiapkannya secara khusus. Kata dia, tidak hanya arena saja yang dibuat, tapi pihak panitia akan membuat rintangan tersendiri.

“Untuk arena balap sepeda ini panjangnya lebih kurang 200 meter, kami akan tempatkan rintangan baik di kiri dan kanan arena balap,” ujarnya.

Kata dia, ada beberapa perbedaan arena balap sepeda di tempat biasa dengan diseputaran parkir mall MB2. Misalnya, kultur tanahnya tidak sama, kalau ditempat biasa tanah dan lebih lembut, tapi kalau di parkiran mall MB2 pavling blok dan lebih keras.

“Peserta yang akan ikut lomba ini harus dilengkapi dengan bodi protektor yang standar seperti helm, pelindung badan hingga sarung tangan. Demi keamanan bersama, pihak panitia juga akan memberikan asuransi selama pertandingan untuk pembalap dan juga penonton yang apabila tertabrak sepeda selama perlombaan,” ujarnya.

Atraksi Atlet Dual Slalom Batam di Atrium MB2 lalu.

Om Djo menambahkan “Selama 4 hari akan dilaksanakan event tersebut, yang akan menggunakan rute dilapangan parkir pusat perbelanjaan yang ada di Kota Batam. Panitia uga akan menyediakan 6 sampai 8 trak teknikal, sebelum balapan sepeda dimulai, setiap peserta akan melelui mandotaris traking,”.

Kualifikasi “MB2-L Slalom” juga dilakukan untuk mencari bakat muda dan tahap kualifikasi setiap kelasnya akan sangat kompetitif, dengan katagori Master A 15-38 Tahun. Master B 38-45 Tahun, Master C 45 Tahun ke Atas. Perlombaan ini terbuka untuk umum dan pendaftaran berbayar. Untuk peserta kami batasi 70 hingga 100 orang saja.

Sementara itu, Ketua ISI Provinsi Kepri Fadli membenarkan, adanya event MB2 Bike Festival ini sekaligus mencari bibit-bibit atlit sepeda. Kata dia, Pengurus Besar ISI Pusat memang menargetkan untuk memenangkan pertandingan di Olimpiade tahun 2022 mendatang.

Dalam rangkaian festival lainnya panitia juga tidak hanya menggelar event bersepeda, melainkan banyak rangkaian kegiatan yang akan memanjakan para pengunjung mall MB2 nantinya. Bagi pecinta sepeda lipat panitia juga menyiapkan event Bike Comodity Race. Kualifikasi perlombaan nantinya adalah rute yang akan dilewati setiap peserta juga akan sangat menantang, disamping itu panitia juga menyediakan store sparepart sepeda.

“Event ini akan beda pada kegiatan pesepeda pada umumnya, lantaran event akan dilaksanakan pada sore hari, peserta juga akan mendapat hadiah bila melewati setiap pos disetiap rutenya,” kata Om Djo.

Selain itu panitia juga menyiapkan beberapa event yang bisa di ikuti oleh para pencita sepeda (goweser) di Batam baik itu secara komunitas, bersama keluarga, sahabat maupun pribadi. Kegiatan lainnya antara lain; Fun Afternoon Ride, Bike Community Day, Surf Race, Bike Photography Contest, hingga Bike Expo. Dimana Setiap pelaksanaan kegiatan ini tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Batam Coffe Exhibithion merupakan salah satu event tambahan untuk memeriahkan kegiatan ini yang akan menyuguhkan berbagai jenis minuman kopi yang dapat dinikmati oleh pengunjung maupun bagi peserta yang juga pecinta kopi. Juga ada Icip-Icip Food Festival pagi penggemar kuliner khas Kota Batam.

“Merangkul UMKM dengan food festival agar mengikuti setiap even, bagi pecinta Coffee panitia juga akan menggelar coffee eksibition guna melahirkan barista handal Kota Batam,” ujarnya.

Kata Sambutan dari Kadisbudpar Kepri, Boeralimar dalam Event Launching MB2 Bike Festival, Selasa 9 februari 2021 lalu. (Dok. Batam.Terkini.id)

Semua rangkaian acara yang akan berlangsung mulai tanggal 20 sampai 28 Maret 2021 mendatang, dan khusus untuk balap sepeda dimulai dari tanggal 26 sampai 28 Maret 2021, Batam Gravity dan MB2 bekerjasama dengan Black Horse Production.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepri Boeralimar menyambut baik rencana event tersebut. Menurut dia event seperti ini untuk menggait wisatawan domestik datang agar meningkatkan roda perekonomian daerah.

“Kegiatan yang diinisiasikan oleh kaula muda perlu dukungan pemerintah daerah supaya dapat meningkatkan produktivitas dan kreatifitas anak muda disetiap bidang. Dalam hal ini, pemerintah wajib hadir memberi dukungan atau pembinaan,” tandasnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Batam Pandemic Race Championship 2021, Ajang Balap Motor Bebasis Online Pertama di Kepri

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar