Batam Pandemic Race Championship 2021, Ajang Balap Motor Bebasis Online Pertama di Kepri

Simulator racing 2
Simulator Racing yang digunakan di event Batam Pandemic Race Simulator 2021 (Dok. Batam.Terkini.id)

Terkini.id, Batam – Batam Digital Motor Sport (BDMS) Kepri yang terbentuk di Kota Batam adalah pengusung ide inovatif terhadap perkembangan dunia digital khususnya bagi penggiat atau penggemar olahraga ekstreme balap mobil sebagai suatu solusi bagi mereka untuk bisa tetap bermain atau berprestasi di cabor balap mobil di masa pandemi saat ini.

”Batam Pandemi Race Championship 2021” tajuk gelaran event yang akan berlangsung di pintu utama Grand Batam Mall, Batam, Kepri merupakan kompetisi balap simulator mobil pertama yang diadakan di Kepri. Bahkan, konsep lomba balap mobil berbasis online di mall ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

Vierki Siahaan, mencoba simulator racing yang akan digunakan di Event Batam Pandemic Race Championsip 2021 pada tgl 26 hingga 28 Februari 2021. (Dok. Batam.Terkini.id)

Perlombaan simulator mobil balap ini akan digelar mulai dari tanggal 26 hingga 28 Februari 2021 dan mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dengan total hadiah sebesar Rp15 juta yang akan siap diperebutkan para peserta kompetisi. Lokasi perlombaannya persis di pintu utama Grand Batam Mall. Nantinya akan ada 4 unit alat simulator yang akan di koneksikan dengan internet.

“Ini even pertama kami di Kepri khususnya di Batam,” kata Agustino Leo Gatra, Ketua Batam Digital Motor Sport, Kamis, 25 Februari 2021.

Agustino Leo Gatra yang lebih akrab disapa Leo, menyatakan bahwa turnamen ini akan dibagi menjadi dua kategori (kelas) yakni kelas time attack yakni kelas yang bisa diikuti semua golongan atau bebas tanpa batasan umur. Di kelas ini sambungnya, peserta diberikan waktu 10 menit untuk mencari waktu terbaik agar bisa menjadi yang terbaik dari peserta lainnya.

“Untuk kelas ini pendaftarannya Rp50 ribu perorang bisa daftar ditempat (on the spot). Bisa mendaftarkan berkali-kali selama pertandingan,” ujarnya.

Sementara untuk kelas racing kompetisi pesertanya dibatasi hanya 16 orang saja. Di kelas ini peserta akan berlomba dengan peserta lainnya selayak mobil balap yang bertanding.

“Kelas Racing Kompetisi ini pendaftarannya Rp15 ribu perorang. Sirkuitnya kita ambil di Sentul, mobilnya juga kami tentukan yakni mobil BMW, di kelas ini sistemnya gugur,” ungkapnya.

Leo menambahkan, simulator racing ini sudah masuk ke dalam E-Sport. Selain mengadakan kompetisi, mereka juga mencari bibit atau atlit untuk simulator racing.

“Kita sudah ada kejuaraannya, baik tingkat lokal, nasional hingga internasional. Makanya kami disini juga sekaligus mencari bibit dari Kota Batam,” ungkapnya.

“Gelaran perlombaan ini mulai dari tanggal 25 sampai 28 Februari 2021. Total hadiah yang kami berikan sebesar total Rp15 juta dan memperebutkan piala HWRT,” tambahnya.

Hal tersebut ditambahkan oleh penasehat kejuaraan  H. Wili Otra Bismar, SH mengatakan jika digital motorsport memiliki peraturan dan tingkat kesulitan serupa dengan balapan nyata. Hal ini yang membuat digital motorsport kini banyak diminati.

H. Wili Otra Bismar, SH Penasehat Event Batam Pandemic Race Championship 2021 , (Dok. Batam.Terkini.id)

Kemudian,Wili menambahkan “Di Kepri, khususnya Kota Batam, baru dua orang atlet kita, yakni bung Leo dan bung Fhirly Syah. Mereka sudah bertanding hingga kejuaraan nasional. Race Simulator ini, tingkat kejuaraannya mulai dari kejuaraan lokal, nasional hingga kejuaraan internasional,”.

“Kejuaraan nasional hingga saat ini sudah berlangsung dalam beberapa seri. Aturannya pun sama dengan balapan nyata. Demikian hanya dengan di tingkat internasional juga menarik animo pembalap,” kata pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris IMI Kepri ini.

Willy mengatakan kejuaraan ini menjadi ajang untuk memperkenalkan Kepri dan Batam melalui dunia balap. Terutama melalui ajang digital motorsport.

“Batam Pandemi Race Champion 2021” gelaran yang akan diadakan selama tiga hari itu mulai dari buka hingga tutup mall. Ia berharap, event ini bisa memperkenalkan permainan simulator kepada masyarakat Batam. Kata dia, di manapun bisa mengikuti perlombaan balap mobil tanpa adanya risiko kecelakaan yang fatal.

“Kalau sudah rame, bisa buat kompetisi dari rumah masing-masing. Sebab caranya online, dan IMI Kepri sangat mendukung kompetisi ini,” ujarnya.

Sementara itu, di lain waktu Ketua IMI Kepri, Usep RS mendukung gelaran Batam Pandemic Race Championship 2021 ini. Menurutnya kejuaraan digital motorsport ini bisa menjadi jawaban pecinta otomotif di tengah pandemi. Ini merupakan suatu terobosan baru di cabang olahraga FIA (induk organisasi otomotif dunia), dan berkembang lebih cepat karena pandemi, sehingga saat ini digital motorsport jadi cabang baru di PP IMI.

Maka dari itu, IMI Kepri sangat mendukung kegiatan yg dilaksanakan oleh Batam Digital Motor Sport (BDMS) Kepri. Namun, Usep tetap mengingatkan agar Batam Pandemic Race Championship tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Di saat event balap belum bisa digelar secara langsung di sirkuit, digital motorsport akan menarik peserta. Semoga ini dapat meningkatkan kunjungan ke Kepri melalui sport digital turism. Sesuai dengan harapan Ketum PP IMI Bamsoet untuk menggalakan sport turism. Ke depan event seperti ini akan di gelar rutin setiap bulan,” kata Usep.

Flyer Batam Pandemic Race Championship 2021

Bagi anda yang penasaran dan berminat untuk mengikuti even ini bisa hadir langsung mulai besok ke Grand Batam Mall persisnya di Pintu Utama. Untuk informasi dan pendaftaran bisa hubungi 081323634990 atau 081289149540.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Launching Event MB2 Bike Festival Sukses Di Gelar! Adakan Race Dual Slalom Demi Ciptakan Bibit Atket Muda

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar