Rudi-Amsakar Resmi Dilantik Menjadi Walikota dan Wakil Walikota Batam, Siap Lanjutkan Pembangunan Batam

Rudi Amsakar
Walikota Batam Muh. Rudi dan Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad resmi dilantik oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad di gedung daerah Tanjungpinang, Senin 15 Maret 2021. (Dok. Media center batam)

Terkini.id, Batam – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad melantik Muhammad Rudi – Amsakar Ahmad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam. Pelantikan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan di gedung daerah Tanjungpinang, Senin 15 Maret 2021.

Pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri, Nomor. 131.21-466 Tahun 2021, Tanggal 12 Maret 2021 tentang perubahan kedua Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor : 131.21-285 Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahu 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Kepulauan Riau.

Proses Penandatanganan dan Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Batam di hadapan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di gedung daerah Tanjungpinang, Senin 15 Maret 2021. (Dok. Media center batam)

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan, dirinya bersama Amsakar Achmad berkomitmen meneruskan pembangunan berkelanjutan di Batam. Menurut dia, selama lima tahun sebelumnya (periode pertama) memimpin Batam, berbagai capaian telah diraih. Pembangunan-pembangunan ini akan kembali ditingkatkan pada periode kedua yang masanya lebih kurang 3,5 tahun.

Lanjut dia, pembangunan infrastruktur tidak melupakan kewajiban umum kepada masyarakat. Selain itu pembangunan fisik maupun non fisik dilakukan tidak hanya di maindland (pulau utama) namun juga di hinterland (pulau penyangga).

“Kini kita berharap mudahan-mudahan covid cepat selesai sehingga pembangunan tidak terkendala,” imbuhnya.

Rudi yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam mengatakan, melalui BP Batam ada tiga hal utama yang akan dikerjakan yang kemudian dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Batam. Di antaranya pengembangan Pelabuhan Batuampar, Bandara Hang Nadim serta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan RSBP Batam.

“Pelabuhan Batuampar menjadi target utama sehingga membangkitkan ekonomi Batam. Bandara ke depan tidak lagi berfungsi tunggal akan ada kargo. Lalu RSBP akan menjadi rumah sakit berstandar internasional,” ungkap Rudi.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad meminta walikota dan wakil walikota Batam untuk segera bekerja untuk menjabarkan visi dan misi yang telah disusun dan dikampanyekan dalam Pilkada 2020 lalu.

“Tentunya janji-janji tersebut harus diwujudkan dan menjadi daya pacu semangat guna menjawab permasalahan dan isu-isu di daerah,” harap dia.

Ia mengatakan, pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat menghadapi tantangan yang berat karena dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19. Namun demikian harus dilakukan segala upaya dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka mempermudah akses pendidikan, kesehatan, air bersih dan pelayanan dasar lainnya sedaya upaya untuk memenuhi standar pelayanan minimal yang harus dilakukan.

Proses Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Batam oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di gedung daerah Tanjungpinang, Senin 15 Maret 2021. (Dok. Media center batam)

Selanjutnya Ansar mengungkapkan bahwa Rudi dan Amsakar pada periode kepemimpinan sebelumnya telah mencapai berbagai prestasi yang luar biasa sebagai kawasan strategis Nasional dengan peningkatan investasi serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Batam. Maka prestasi ini harus terus dipertahankan dan perlu melakukan inovasi dan terobosan baru untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

“Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, berkolabolasi dengan seluruh stakeholders dan shareholders guna percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pembangunan baik di mainland maupun di hinterland Kota Batam,” harapnya.

“Lakukan kebijakan pengetatan ikat pinggang dengan penghematan belanja dan pemilihan kegiatan prioritas utama kepada masyarakat dalam mengatasi persoalan masyarakat dimasa pandemi Covid-19 ini, baik permasalahan kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan dan permasalahan-permasalahan lainnya,” ujar dia.

Ia juga menyampaikan rasa bangga, angka ekspor jauh lebih baik daripada impor, penurunan pengangguran dan kemiskinan turun. Hal ini sejalan dengan harapan Batam memang dipersiapkan menjadi lokomotif ekonomi di Kepri.

“Dengan berbagai pencapaian tersebut, dukungan anggaran dan investasi yang besar. Kami berpesan agar wali kota Batam dan wakil wali kota Batam bekerja lebih sungguh-sungguh, berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dan shareholder untuk mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pembangunan,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Kejuaraan Bulu Tangkis PKP Store Cup Sukses Digelar, Wujud Komitmen PT. PKP Batam untuk Dunia Olahraga

Sah! Ansar Ahmad Marlin dilantik Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri

Singapura kembali Bantu Pemkot Batam Menangani COVID-19

Update Covid-19 : Total 21 Pasien Sembuh di Kepri

Kabar Gembira, 2 Pasien Covid-19 di Batam Sembuh

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar