Batam akan Bangun Sirkuit Bertaraf Internasional, Bambang Soesatyo Datang Meninjau Lokasi

Bamsoet dan HM Rudi
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menerima langsung kunjungan kerja Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Bambang Soesatyo, yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indoneia (IMI). (Doc. Poto Istimewa)

Terkini.id, Batam – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) hadir langsung meninjau lahan Sirkuit Internasional Batam di sekitar kawasan Kebun Raya Batam, Jumat 4 Juni 2021. Kehadiran Bamsoet didampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan juga Kepala BP Batam, HM Rudi.

“Saya datang kesini untuk memastikan tempatnya dan bagaimana proses pembangunan sirkuit internasional Batam,” kata Bamsoet sapaan akrabnya.

Kunjungan kerja Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Bambang Soesatyo, Jum’at, 4 Juni 2021. (Doc. Poto Istimewa)

“Selain itu juga, untuk akomodasi di Batam seperti hotel dan lainnya sangat memadai. Sirkuit Internasional Batam ini juga tidak mengganggu atau merusak alam seperti merusak hutan dan juga air,” ujarnya.

Bamsoet yang juga sebagai Ketua Umum IMI Pusat ini menyatakan pembangunan Sirkuit Internasional Batam ini murni pihak swasta yang bangun. Nantinya, ia akan membawa para investor yang akan bangun sirkuit internasional Batam. Kata dia, Sirkuit Internasional Batam ini banyak kelebihannya. Seperti dekat dengan negara Singapura maupun Malaysia, selain itu juga kontur lahannya yang sangat bagus.

“Ini dibangun murni dari swasta bukan pemerintah. Sirkuit Internasional Batam ini sedikit lebih bagus dari sirkuit Mandalika di NTB. Lahannya seluas 150 hektar dan panjang sirkuitnya lebih kurang 5,4 kilometer,” ujarnya.

Kunjungan kerja Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, yang di dampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Ketua BP Batam sekaligus Walikota Batam, HM. Rudi, serta Ketua IMI Kepri Usep RS, pada hari Jum’at, 4 Juni 2021. (Doc. Poto Istimewa)

Menurut Bamsoet, dengan berdirinya Sirkuit Internasional Batam ini akan menarik para investor dari berbagai negara. Tentunya hal ini akan memberikan dampak pada pendapatan daerah.

Apabila Sirkuit Internasional Batam selesai dikerjakan, maka bisa digunakan untuk berbagai perlombaan. Nantinya tidak hanya untuk Motor GP saja, tetapi juga untuk Formula One, Rally Offroad, Motor Cross dan otomotif lainnya. Selain itu juga bisa juga untuk tempat atau base mobil atau motor balap dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung Surabaya dan bahkan dari negara Singapura atau Malaysia.

Kunjungan kerja Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, menunjau lokasi pembangunan sirkuit internasional batam , pada hari Jum’at, 4 Juni 2021. (Doc. Poto Istimewa)

“Kita buatkan sarananya sehingga para pembalap bisa latihan disini setiap minggunya. Selain itu juga, pengunjung bisa menonton mereka yang lagi latihan atau sedang balap secara resmi,” ucapnya.

 “Kalau sudah siap ini sirkuit, akan banyak investor yang masuk dan pendapatan daerah akan meningkat. Sirkuit ini juga salah satu daya tarik untuk menarik investor ke Batam,” tambahnya.

Konten Bersponsor

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar